Selasa, 27 Maret 2018

SANDI MORSE yang merubah dunia dengan kode kode sederhana

Sandi Morse yang sangat terkenal di dunia akan kita telusuri , Ternyata tali pramuka murah sudah lama tidak ngup date materi kepramukaan, kali ini tali pramuka murah akan membahas tentang sandi morse atau kode morse yaitu adalah suatu sistem dari represetasi angka , huruf , tanda baca dan atau sinyal dengan mempergunakan kode berupa titik dan garis yang di tata sedemikian rupa sehingga mewakili karakter tertentu mengacu pada alfabet atau sinyal penanda tertentu yang di sepakati para penggunanya untuk seluruh dunia. menurut Tali pramuka pada tahun 1835 Samuel FB Morse dan A. Vail menciptakan kode morse yang kita kenal sekarang.


Tali pramuka murah melakukan pengamatan bahwa kode yang di ciptakan dua orang genius diatas pertama kali digunakan secara luas seiring perkembangan teknologi radio dan telegraph yang berkembang pesat di akhir abad 19. Pada masa awal penggunaannya, kode morse dipakai untuk mengirimkan pesan antara dua tempat yang terpisah jarak yang jauh menggunakan gelombang radio CW (Constant Wave ) atau gelombang tetap. sebelum di temukannya komunikasi radio berbasis suara. Dikarenakan pada awal penggunaan teknologi radio masih menggunakan gelombang rendah yang tak mampu mengirimkan gelombang dalam bentuk suara secara utuh, namun dapat mengirimkan bunyi sederhana semisal bunyi beeep panjang dan pendek
Dewasa ini sandi morse sudah tidak lagi dijadikan modul komunikasi resmi atau SOP resmi jalur komunikasi Angkatan Laut Internasional sejak 1997 karena sudah di ganti dengan sistem GMDSS yang memanfaatkan Satelit, tidak lagi gelombang radio, namun sampai saat ini kode morse masih aktif di gunakan dalam komunikasi jarak jauh antar kapal laut atau menara darat secara Internasional
Kedepannya, tali pramuka murah akan menyajikan artikel lanjutan, sambungan untuk pembahasan sandi morse.


Samuel Morse (1791-1872)
Untuk tokoh perkeretaapian Amerika Serikat, lihat Samuel Morse Fenton.
Samuel Finley Breese Morse (lahir di CharlestownMassachusettsAmerika Serikat27 April 1791 – meninggal di New York CityNew YorkAmerika Serikat2 April 1872 pada umur 80 tahun) adalah seorang penemu asal Amerika Serikat. Morse juga pelukis, namun ia lebih terkenal atas penemuan telegraf listrik. Bersama dengan asistennya Alexander Bain ia menciptakan alfabet khusus untuk digunakan di telegraf, yang disebut kode Morse.
Ia mendapat ilham untuk membuat telegrafi elektrik ketika melihat seorang penumpang di kapal yang ia tumpangi memperagakan elektromagnet. Morse memproduksi telegraf listrik pertama yang berguna pada tahun 1835. Pada tahun 1843 ia memperoleh 30.000 dolar Amerika dari Kongres untuk jalur eksperimen dari Washington, D.C. ke Baltimore dan pada tanggal 24 Mei 1844 ia mengirimkan pesan pertama melalui telegrafi Amerika, dari Washington ke Baltimore, dengan kode Morse: "What hath God wrought", kata-kata dalam pesan itu adalah, "Apakah yang telah Tuhan tulis?"
Morse hidup sampai usia lanjut. Ia sempat menyaksikan saluran telegraf dipasang di seluruh bagian dunia termasuk kabel-kabel bawah laut. Pada ulang tahunnya yang ke delapan puluh. Sebuah patung dirinya diresmikan di Central Park, New York sebagai penghargaan atas jasa-jasanya. Setahun setelah itu ia meninggal.



salam pramuka

ARTIKEL TERKAIT

TALI PRAMUKA

PERMAINAN OUTBOUND

TALI PRAMUKA MURAH

KERAJINAN MAKRAME






Bagikan

Jangan lewatkan

SANDI MORSE yang merubah dunia dengan kode kode sederhana
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.